Langkah Buat Souvenir Wisuda Bunga Dari Resleting (Zipper)

Sempat dengar bunga zipper? Zipper atau resleting yaitu piranti untuk memadukan 2 sisi dari dua bagian yang menginginkan Souvenir Wisuda dihubungkan. Pemakaiannya umum diketemukan pada celana jeans, rok maupun jaket. Nah, bagimana dengan bunga resleting atau bunga zipper? Cobalah cermati gambar bunga tiruan berikut ini.

 

bunga-dari-resleting

4.png

Bunga itu diberi nama bunga zipper atau resleting karna terbuat dari resleting. Umumnya, resleting yang dipakai yaitu resleting sisa yang telah tidak terpakai sekali lagi. Yah, saat ini beberapa orang telah makin kreatif dalam membuat beberapa bahan sisa yang ada di sekitar. Bila memanglah barang sisa itu masih tetap dapat dipakai, mengapa tidak dibuat saja seperti bunga zipper pada gambar diatas? Bunga zipper dapat jadikan aksesori jilbab maupun pakaian dengan membuatnya bros-bros cantik.

 

Untuk Anda wanita-wanita yang menginginkan mengoleksi bebrapa aksesori unik, bunga zipper ini dapat jadi pilihan Anda. Terkecuali unik, memiliki bentuk juga menarik. Jadi Anda tetaplah dapat tampak modern serta kekinian dengan beberapa bahan sisa. Tidaklah perlu membelinya, buat sendiri saja. Langkah membuatnya ditanggung mudah serta cepat. Tenang saja, berikut ini juga akan saya beri beberapa cara membuatnya. Di simak baik-baik yah guys. 😀

 

Alat serta Bahan

 

Resleting/zipper

Jarum serta benang jahit

Meteran kain

Kain flanel

Lem tembak

Langkah Pembuatan

 

Tentukan warna resleting yang Anda gemari. Sesuai sama gambar diatas, maak kesempatan ini saya pakai resleting merah. Ukur Lebarnya sekitaran 3 cm.

membuat-bunga-dari-resleting-1

 

Langkah selanjutnya, potong resleting sampai memisahkan sisi kanan serta kirinya. Lalu potong-potong dengan ukuran 6 cm untuk buat kelopak bunga. Untuk 1 bunga zipper memerlukan 7 potong kelopak.

membuat-bunga-dari-resleting-2

 

Sesudah diukur serta dipotong, ambillah satu potong zipper ukuran 6 cm itu serta jelujur sisi bawahnya (sisi yg tidak mempunyai gigi). Jelujur dengan memakai jarum serta benang jahit. Pakai benang jahit merah supaya warnanya sesuai. Buat jahitan-jahitan benangnya berjarak beberapa tidak sering.

membuat-bunga-dari-resleting-3

 

Setelah itu, tarik benang sampai potongan resleting barusan jadi berkerut serta satukan ujungnya sampai jadi 1/2 lingkaran. Semasing ujungnya dapat dijahit supaya 1/2 lingkarannya tetaplah berupa. Kerjakan pada potongan-potongan yang lain.

membuat-bunga-dari-resleting-4

 

Sesudah tujuh potong kelopak berupa 1/2 lingkaran ini telah usai, jadi satukan semua dengan menjahitnya dengan melingkar.

membuat-bunga-dari-resleting-5

 

Sesudah kelopaknya jadi, jadi dibuatkan juga pusat bunganya. Pusat bunga ini terbuat dari resleting merah dengan ukuran yang lebih panjang, kurang lebih 10 – 13 cm. Langkahnya sama dengan langkah buat kelopak bunga, yakni resleting ini dijelujur memakai benang merah. Lantas tarik benangnya. Karna resleting untuk pusat bunga ukurannya lebih panjang, jadi yang terjadi yaitu lingkaran kecil yang kelok-kelok serta bertumpuk. Sesudah terjadi, jadi jahit sisi bawahnya supaya memiliki bentuk tidak lepas.

membuat-bunga-dari-resleting-6

 

membuat-bunga-dari-resleting-6

 

Nah, jadi jadilah kelopak bunga serta pusat bunganya.

membuat-bunga-dari-resleting-8

 

tahap selanjutnya yaitu menjadikan satu keduanya. Langkahnya dengan ambil kain flanel berwarna seirama dengan warna bunga. Gunting berupa lingkaran dengan ukuran lebih kecil sedikit dari ukuran kelopak bunga.

Lem kain flenel tersebut di bawah kelopak bunga dengan pusat bunganya.

membuat-bunga-dari-resleting-9

 

Jadi, akhirnya bakal jadi pada gambar berikut ini (sama juga dengan gambar yang diperlihatakan dimuka artikel).

bunga-dari-resleting

 

Untuk menaikkan kesan lebih menarik sekali lagi, lekatkan manik-manik kecil diatas pusat bunga jadi benang sari bunga zipper.

Tadaaa… Jadilah bunga zippernya. Bunga ini dapat jadikan bros dengan tempelkan peniti pada kain flanel di belakang bunga. Sederhana kan?

membuat-bunga-dari-resleting-10

 

Mudah-mudahan tutorial buat bunga zipper pada artikel kesempatan ini bisa jadi ide Anda untuk selalu berkreasi. Janganlah terhambat dengan kurangnya beberapa bahan yang harga nya mahak serta susah diketemukan. Coba gunakan beberapa barang tidak terpakai yang berada di tempat tinggal Anda. Well.. Selamat coba guys. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s